Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Beyond Use Date Didesa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara

  • Ikhwan Yuda Kusuma Universitas Harapan Bangsa
  • Peppy Octaviani Universitas Harapan Bangsa
  • Cecep Darwis Muttaqin Universitas Harapan Bangsa
  • Afnida Dwi Lestari Universitas Harapan Bangsa
  • Fina Rudiyanti Universitas Harapan Bangsa
  • Halimatu Sa’diah Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Beyond Use Date, Obat, Kedaluwarsa

Abstract

Latar belakang: Beyond Use Date adalah batas waktu penggunaan produk obat setelah diracik/disiapkan atau setelah kemasan primernya dibuka/dirusak. Tingkat  pengetahuan  masyarakat berkaitan dengan Beyond Use Date di Indonesia masih terbilang rendah, oleh karena itu perlu dilaksanakan penyuluhan Beyond Use Date. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya Beyond Use Date untuk meningkatkan keamanan dalam penggunaan obat.

Metode : Penyuluhan ini dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media power point, banner, poster, booklet, dan leaflet.

Hasil : Kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan optimal ditandainya antusias dari responden, hasil kuesioner dalam kegiatan ini memberikan pengetahuan yang baik pada responden, dan responden memberikan timbal balik yang baik dengan menjawab semua pertanyaan pada kuesioner yang diberikan.

Kesimpulan : Hasil monitoring kegiatan penyuluhan Beyon Use Date menunjukkan bahwa responden secara umum telah mengetahui pentingnya informasi Beyond Use Date.

Published
2020-11-04