Pemenuhan Kebutuhan Gizi Anak Dapat Mencegah Stunting Di Posyandu Belita Rw 2 Kelurahan Bangsal Kota Kediri

  • Maria Anita Yusiana Nursing
  • Sandy Kurniajati STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: balita, stunting, status gizi

Abstract

Trend masalah kesehatan ibu dan anak saat ini adalah terjadinya Stunting. Pembangunan kesehatan dalam periode tahun 2015-2019 difokuskan pada empat program prioritas yaitu penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan prevalensi balita pendek (stunting), pengendalian penyakit menular dan pengendalian penyakit tidak menular. Tujuan PkM adalah pencegahan stuting pada balita di posyandu RW 2 Kelurahan Bangsal Kota Kediri.

Kegiatan PkM dilaksanakan  tanggal 16 Januari dan 16 Maret 2020. Pertama dilakukan pengukuran tumbuh kembang anak (Status Gizi dengan indikator BB/U, TB/U, TB/BB dan kedua pengukuran pengetahuan orang tua tentang pencegahan stunting pada anak, memberikan penyuluhan pada ibu dan pemberian makan tambahan yaitu nuget ayam dan bubur kacang hijau.

Hasil pelaksanaan kegiatan PKM disimpulkan bahwa Kejadian stuting pada anak masih besar (14%)  didukung status gizi berdasarkan BB/U dan TB/U, serta pengetahuan ibu  tentang pencegahan stuting pada anak juga masih ada yang kurang (24%). Kegiatan Penyuluhan kesehatan dengan pemberian leaflet dapat meningkatkan pengetahuan ibu.

Published
2020-11-04