Peningkatan Derajat Kesehatan Lansia Melalui Pengukuran Fungsi Afektif Dalam Masa Pandemi COVID-19
PDF

Keywords

Fungsi Kognitif
Lansia
Pandemi COVID-19

Abstract

Latarbelakang : Lansia merupakan salah satu kelompok atau populasi berisiko (population at risk) dalam Pademi Covid-19 terutama dalam derajad kesehatannya dan mudah/rentan terhdap dampakserius Covid-19.

Metode : Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan derajat kesehatan lansia melalui pengukuran fungsi afektif lansia selama pandemi covid-19 Pada Gereja-geraja Baptis di Kediri. Pengabdian Kepada masyrakat ini dilakukan pada lansia di 4 Geraja Baptis di Kediri meliputi Gereja Baptis Karunia Kediri, Gereja Baptis Katang Kediri, Gereja Baptis Bukit Pengharapan Kediri dan Gereja Baptis Tri Bakti Minggiran Kediri. Pada bulan Pebruari sampai Maret 2022, Jumlah sasaran 45 lansia.

Hasil : Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pengukuran fungsi kognitif lansia dengan intrument kuaisioner dengan kuesioner Assasment Tool Geriatic Depressions Scale (GDS). Dan hasil analisis digunakan untuk peningkatan pengetahuan lansia dalam mengahadapi Pademi Covid-19. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat menujukan lebih dari 50% responden tidak mengalami depresi, sebanyak 40 orang (88,9%) dan 5 orang (11,1%) mengalami depresi sedang. Disimpulkan bahwa lansia dalam masa pandemi Covid-19 mengalami sebagian kecil mengalami depresi sedangĀ  sedangkan yang lainya tidak mengalami kecemasan.

PDF