Edukasi TOKCITASOGI (Memotong Kuku, Mencuci Tangan, Menggosok Gigi) Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa SLB Putera Asih Kediri
PDF

Keywords

Education
Personal Hygiene
Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Latar belakang : Ketergantungan dan kurangnya kemampuan dalam perawatan diri secara mandiri merupakan salah satu masalah yang dialami oleh kelompok anak berkebutuhan khusus anak autis. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tingkat kemandirian anak normal dengan anak autis tentunya sangat berbeda, dimana anak autis mengalami ketidakmampuan secara mandiri dikarenakan adanya kelainan fisik, mental intelektual, sosial dan emosional.

Metode : Tujuan PKM adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personal hygiene seperti cara memotong kuku, mencuci tangan dan menggosok gigi pada siswa/siswi SLB putera asih Kediri. Kegiatan PKM dilaksanakan tanggal 23 November dan 30 November 2021.

Hasil : Pertama, dilakukan penyuluhan bagi siswa/siswi. Kedua, setelah diberikan pelatihan kemudian dilakukan pengukuran tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa/ siswi  mengenai personal hygiene. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM didapatkan 25 anak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang meningkat setelah diberikan penyuluhan kesehatan personal hygiene. Kegiatan pemberian edukasi atau pendidikan kesehatan menggunakan media powerpoint, leaflet, video dan demonstrasi langsung merupakan suatu proses yang bermanfaat untuk menciptakan suasana belajar bagi siswa/siswi SLB yang  dapat mempengaruhi perilaku siswa/siswi.

PDF