Peningkatan Pengetahuan Bahaya Smartphone Addiction di SDN Setonorejo 1 Kras Kediri
PDF

Keywords

edukasi
internet addiction
pengetahuan

Abstract

Latarbelakang : Pemanfaatan Internet of Thing sangat diperlukan di era Pendidikan saat ini, namun sering pemanfaatan tidak sebanding dengan dampak yang diberikan. Salah satu dampak dalam penggunaan internet adalah addictioan. American Psychological Assosiation (Rosenberg, 2014) menjelaskan ketergantungan tidak hanya disebabkan oleh ketergantungan zat-zat adiktif, namun juga aktivitas yang menyebabkan kecanduan seperti pengunaan internet. Perilaku kecanduan tidak dapat mengontrol keinginannya dan menyebabkan dampak negatif pada diri individu yang bersangkutan.

Metode : Kegiatan pengabdian selama dua kali. Diawali dengan pengukuran pengetahuan Smartphone Addiction dilanjutkan dengan edukasi dan pengukuran pengetahuan setelah edukasi.

Hasil : Sebelum edukasi didapatkan pengetahuan baik sebanyak 3 (30%), cukup sebanyak 6 (60%) dan cukup sebanyak 60%. Setelah diberikan edukasi didapatkan pengetahuan baik sebanyak 8 (80%) dan cukup 2 (20%). Berdasarkan hasil ini didapatkan edukasi yang diberikan meningkatkan pengetahuan tentang internet adicition. Sehinga dapat disimpulkan edukasi smartphone addiction perlu terus diingatkan agar murid dapat mencapai pembelajaran yang maksimal dan mencapai prestasi yang diharapkan.

PDF