Pemberdayaan UKS Sebagai Pertolongan Pertama Terjadi Cidera atau Kondisi Sakit di SDN Kalipang IV Kecamatan Grogol
PDF

Keywords

Unit Kesehatan Sekolah
Pertolongan Pertama Cidera
Pendidikan Kesehatan

Abstract

Latar belakang : Masalah yang masih banyak dihadapi oleh Bangsia Indonesia salah satunya adalah masalah kesehatan pada anak usia sekolah. Anak merupakan masyarakat yang belum berusia 18 dan belum menikah (UU no. 23 tahun 2002). Jumlah penduduk Indonesia sepertiganya terdiri dari anak yang cukup besar yaitu 23% (Prasetyo, 2014) dan dari populasi anak tersebut sebagian besar menempuh pendidikan di TK SD.

Metode : Metode pendekatan dalam kegiatan ini adalah dengan health education pentingnya Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pengadaan sarana UKS di setiap kelas untuk mengupayakan pelaksanaan UKS di tatanan sekolah dasar.

Hasil : Berdasarkan hasil identifikasi masalah peran apakah yang harus dilakukan ketika memiliki UKS di sekolah sebagain besar siswa menjawab menjadi peserta UKS dengan jumlah peserta yang menjawab 28 (96,6%) dan siswa memiliki harapan memiliki UKS di sekolahnya.         

Siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampulan dalam hal melaksanakan tugas menjaga perilaku hidup berih dan sehat dengan menjalankan program UKS di Sekolah sehingga tercipta kehidupan kesehatan yang aman di sekolah pada masing-masing siswa

PDF