BAJA ROTAN (Pengembangan Pembelajaran Protokol Kesehatan) Bagi Anak Siswa Sekolah Dasar Kalipang 4 Grogol Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

Baja Rotan (Pengembangan Pembelajaran Protokol Kesehatan); Anak Sekolah Dasar

Abstract

Latar Belakang: Pandemi covid-19 telah membawa dampak disemua kalangan, tidak terkecuali anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Di Era New Normal, penting untuk mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan oleh peserta didik, keluarga, masyarakat serta pihak sekolah. Sesuai hasil observasi yang dilakukan pengabdi di SD Kalipang 4 Grogol Kabupaten Kediri didapatkan hampir seluruh siswa tidak menggunakan masker saat di sekolah. Pihak sekolah sangat perlu membuat himbauan tentang system belajar mengajar yang baru sehingga resiko infeksi covid 19 bisa dikurangi, keselamatan kesehatan semua pihak dapat ditingkatkan.

Metode: Pengabdian yang dilakukan mulai dari pengurusan ijin melakukan tindakan pengabdian masyarakat, diskusi perencanaan lokasi pemasangan tempat hand sanitizer di setiap kelas. Diskusi ini dilakukan secara bersama dengan mitra sebagai penentuan lokasi, menyiapkan sarana dan fasilitas serta bahan yang digunakan, pemberian edukasi kepada semua siswa SD Kalipang 4 Grogol tentang protocol kesehatan berupa penerapan social distancing (jaga jarak apabila disekolah), cara menggunakan masker yang benar, senantiasa mencuci tangan serta memakai hand sanitizer sehabis memegang suatu barang, pembagian masker kepada seluruh siswa yang bekerjasama dengan kepala sekolah dan wali kelas. Populasi pengabdian kepada masyarakat ini adalah seluruh siswa SD Kalipang 4 Kabupaten Grogol.

Hasil: Siswa Sekolah Dasar Kalipang 4 Grogol Kabupaten Kediri memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam penerapan protocol kesehatan berupa social distancing (jaga jarak apabila disekolah), cara menggunakan masker yang benar, senantiasa mencuci tangan serta memakai hand sanitizer sehabis memegang suatu barang serta dapat mengaplikasikan cara menggunakan masker yang benar, senantiasa mencuci tangan sesuai standar

Kesimpulan: Baja Rotan (Pengembangan Pembelajaran Protokol Kesehatan) yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa sekolah dasar Kalipang 4 Grogol Kabupaten Kediri.

PDF