Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Covid-19 Pada Keluarga Di Kelurahan Bangsal Kota Kediri

  • Erva Elli Kristanti STIKES RS Baptis Kediri
  • Eli Irawati STIKES RS Baptis Kediri
Keywords: pengetahuan, pendidikan kesehatan, covid-19

Abstract

Latar belakang: Coronavirus (CoV) terdiri dari dua tipe Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui droplet, kontak dan benda yang terkontaminasi. Mengingat dampak berbahaya dari Covid 19 maka diperlukan pencegahan, salah satunya dengan penyuluhan kesehatan. Tujuan Kegiatan Pegabdian Kepada Masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan keluarga  tentang pencegahan Covid-19 di Kelurahan Tinalan Kota Kediri.

Metode : Kegiatan Pengabdian dilakukan pada 15 KK total keseluruhan sebanyak 47 orang. Keluarga diukur tingkat pengetahuan tentang covid 19, pemberian penyuluhan kesehatan tentang pencegahan Covid 19 dan pengukuran pengetahuan kembali. Berdasarkan hasil diketahui pengetahuan kurang sebanyak 44 orang (93.6%) sedangkan setelah edukasi tentang Covid 19 pengetahuan cukup sebanyak  40 orang (85,1%) dan baik sebanyak 5 orang (10,6%).

Hasil : Hasil analisa menggunakan Wilcoxon sign test diketahui peningkatan pengetahuan dengan nilai p = 0,000.

Kesimpulan : Kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Covid 19 dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan pengetahuan keluarga di Kelurahan Tinalan Kota Kediri.

Published
2020-11-04